PENDIDIKAN STANDARDISASI

Perkembangan industri dan teknologi menjadikan peran standar semakin penting bagi setiap negara, terutama dalam meningkatkan daya saing nasionalnya agar bisa bersaing di era globalisasi ini. Untuk menghadapi tantangan tersebut di atas, dibutuhkan tenaga kerja profesional yang dapat ditempuh Dengan mensinergikan pemerintah, pelaku usaha dan akademisi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi standardisasi di berbagai sektor.

Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, diamanatkan bahwa Badan Standardisasi Nasional (BSN), kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian lainnya, institusi pendidikan, organisasi standardisasi regional dan internasional dan/atau Pemerintah Daerah dapat menyelenggarakan peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Untuk itu, BSN melakukan kerjasama dengan para stakeholdernya, salah satu di antaranya institusi pendidikan.

Sejak tahun 2005, BSN telah melakukan kerjasama di bidang pengembangan pendidikan standardisasi dan penilaian kesesuaian dengan Perguruan Tinggi di Indonesia. Salah satu tindak lanjut pelaksanaan kerjasama dalam pengembangan pendidikan standardisasi tersebut adalah BSN mengembangkan referensi-referensi yang dapat dijadikan bahan dalam pembelajaran pendidikan standardisasi dan dapat diakses seluas mungkin oleh para pengajar dan peserta didik melalui e-learning.

 

Mitra Kerja Sama Pendidikan Standardisasi

Mitra pendidikan standardisasi