Manajemen Risiko Berbasis SNI ISO 31000
Standardisasi

Deskripsi

Kursus ini berisi materi tentang gambaran ringkas mengenai risiko dan bagaimana mengelola risiko berdasarkan SNI ISO 31000. Risiko umumnya dipandang sebagai ancaman yang sebaiknya dihindari, dengan memahami prinsip mengelola risiko yang baik, maka risiko dapat menjadi peluang bagi organisasi untuk bekinerja lebih baik, membuka pasar baru, meperluas usaha serta memaksimalkan potensi organisasi dalam mencapai tujuannya.

Materi

  • 5 materi

Setelah mengikuti kursus di bab ini, diharapkan peserta dapat mengetahui sejarah dan perkembangan manajemen risiko di Indonesia dan dunia, memahami bentuk-bentuk praktik manajemen risiko pada umumnya, mengetahui sekilas tentang Badan Standardisasi Nasional (BSN), Standar Nasional Indonesia (SNI)  dan SNI ISO 31000.

Baca Materi

Setelah mengikuti kursus di bab ini, peserta diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip manajemen risiko menurut SNI ISO 31000. Dalam bab ini dipaparkan penjelasan mengenai 11 prinsip manajemen risiko beserta studi kasus untuk setiap prinsip.

Baca Materi

Setelah mengikuti kursus di bab ini, peserta diharapkan dapat memahami pengertian kerangka kerja manajemen risiko, hubungan antara kompenen kerangka kerja bagi pengelolaan risiko, memahami pengertian serta tahapan implementasi mandat dan komitmen sebagai salah satu hal yang krusial dalam penerapan manajemen risiko dan menjelaskan rancangan kerangka kerja untuk pengelolaan risiko.

Baca Materi

Setelah mengikuti kursus di bab ini, peserta diharapkan dapat memahami setiap tahapan proses manajemen risiko mulai dari komunikasi dan konsultasi, penetapan konteks, penilaian risiko, perlakukan risiko serta pemantauan dan tinjauan.

Baca Materi

Setelah mengikuti kursus di bab ini, peserta diharapkan dapat menjelaskan secara umum mengenai teknik penilaian manajemen risiko dan cara memilih teknik penilaian risiko yang sesuai. Dalam bab ini dijelaskan mengenai beberapa teknik penilaian risiko yang umum digunakan seperti: Business Impact Analysis (BIA), Cause-and-effect analysis, Hazaard analysis and critical control point, layers of protection analysis dan lain sebagainya disertai beberapa latihan soal.

Baca Materi

Whoops, looks like something went wrong.