SNI ISO/IEC 17065:2012 Persyaratan untuk Lembaga Sertifikasi Produk, Proses dan Jasa
Penilaian Kesesuaian

Deskripsi

Setelah mengikuti kursus ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan gambaran umum SNI ISO/IEC 17065:2012 serta persyaratan- persyaratan yang harus dipenuhi oleh lembaga sertifikasi produk, proses, dan jasa dalam beroperasi agar memiliki kompetensi dalam menerapkan persyaratan-persyaratan tersebut berdasarkan uraian penerapan dari setiap klausul persyaratan SNI ISO/IEC 17065:2012.

Materi

  • 7 materi

Pada bagian pendahuluan akan dipaparkan bahasan mengenai dokumen yang terkait dengan sertifikasi produk, sekilas mengenai SNI ISO/IEC 17065:2012, ruang lingkup, beserta istilah dan definisi yang terkait di dalamnya.

Baca Materi

Pada bagian Persyaratan Umum SNI ISO/IEC 17065:2012 akan dijelaskan bahasan sebagai berikut:

1. Masalah hukum dan kontrak; 2. Manajemen ketidakberpihakan; 3. Tanggung gugat dan keuangan; 4. Kondisi Non Diskriminasi; 5.  Kerahasiaan; serta 6. Ketersediaan informasi publik.

Baca Materi

Pada bagian Persyaratan Struktur SNI ISO/IEC 17065:2012 akan dijelaskan bahasan sebagai berikut:

1. Struktur organisasi dan manajemen puncak; dan 2. Mekanisme untuk menjaga ketidakberpihakan;

Baca Materi

Bagian Persyaratan Sumber Daya pada SNI ISO/IEC 17065:2012 terdiri atas bahasan sebagai berikut:

1. Personel (Internal dan Eksternal); dan 2. Evaluasi (Internal dan Eksternal).

Baca Materi

Persyaratan Proses SNI ISO/IEC 17065:2012 dijabarkan dalam beberapa pokok bahasan sebagai berikut:

1. Umum; 2. Permohonan; 3. Tinjauan permohonan; 4. Evaluasi; 5. Tinjauan; 6. Keputusan sertifikasi; 7. Dokumentasi sertifikasi; 8. Surveilen; 9. Perubahan yang mempengaruhi sertifikasi; 10. Penghentian, pengurangan, pembekuan, atau pencabutan sertifikasi;  11. Rekaman; serta 12. Keluhan dan banding.

Baca Materi

Persyaratan Sistem Manajemen pada SNI ISO/IEC 17065:2012 terdiri dari beberapa pokok bahasan meliputi:
1. Opsi penerapan; 2. Dokumentasi sistem manajemen; 3. Pengendalian dokumen; 4. Pengendalian rekaman; 5. Tinjauan manajemen; 6. Audit internal; 7. Tindakan korektif; serta 8. Tindakan pencegahan.

Baca Materi