Page 4 - 4.Kerangka kerja manajemen risiko
P. 4
SNI ISO 31000:2018
Gambar 3 - Kerangka kerja
Organisasi sebaiknya mengevaluasi praktik dan proses manajemen risiko, mengevaluasi
segala kesenjangan, dan menangani kesenjangan pada kerangka kerja tersebut.
Komponen kerangka kerja dan cara kerja sama di antara komponen sebaiknya disesuaikan Hak cipta Badan Standardisasi Nasional, Copy standar ini dibuat oleh BSN untuk Sistem Pembelajaran E-Learning SPK Badan Standardisasi Nasional
dengan kebutuhan organisasi.
5.2 Kepemimpinan dan komitmen
Manajemen puncak dan badan pengawas, jika memungkinkan, sebaiknya memastikan
manajemen risiko terintegrasi pada semua aktivitas organisasi dan sebaiknya menunjukkan
kepemimpinan dan komitmen dengan:
— menyesuaikan dan mengimplementasikan semua komponen kerangka kerja;
— menerbitkan pernyataan atau kebijakan yang menetapkan pendekatan, rencana, atau arah
tindakan manajemen risiko;
— memastikan sumber daya yang diperlukan dialokasikan untuk pengelolaan risiko;
— menetapkan kewenangan, tanggung jawab, dan akuntabilitas pada tingkat yang diperlukan
di dalam organisasi.
Ini akan membantu organisasi untuk:
— menyelaraskan manajemen risiko dengan sasaran, strategi, dan budaya;
— mengenali dan menangani semua kewajiban, termasuk komitmen sukarela;
— menetapkan besaran dan jenis risiko yang dapat atau tidak dapat diambil untuk memandu
pengembangan kriteria risiko, memastikan komunikasinya kepada organisasi dan
pemangku kepentingan;
— mengomunikasikan nilai manajemen risiko kepada organisasi dan pemangku kepentingan;
— mendorong pemantauan sistematis terhadap risiko;
© BSN 2018 5 dari 34