Page 8 - 4.Kerangka kerja manajemen risiko
P. 8

SNI ISO 31000:2018




                  organisasi, termasuk pengambilan keputusan, serta memastikan perubahan konteks eksternal
                  dan internal ditangkap dengan memadai.

                  5.6  Evaluasi

                  Untuk mengevaluasi efektivitas kerangka kerja manajemen risiko, organisasi sebaiknya:

                  —  mengukur  kinerja  kerangka  kerja  manajemen  risiko  secara  berkala  terhadap  tujuan,
                      rencana implementasi, indikator, dan perilaku yang diharapkan;

                  —  menentukan  apakah  kerangka  kerja  manajemen  risiko  tetap  sesuai  untuk  mendukung
                      pencapaian sasaran organisasi.


                  5.7  Perbaikan

                  5.7.1  Adaptasi

                  Organisasi  sebaiknya  secara  berkelanjutan  memantau  dan  mengadaptasi  kerangka  kerja
                  manajemen  risiko  untuk  mengatasi  perubahan  eksternal  dan  internal.  Dengan  demikian,
                  organisasi dapat meningkatkan nilainya.

                  5.7.2  Perbaikan sinambung

                  Organisasi  sebaiknya  secara  sinambung  meningkatkan  kesesuaian,  kecukupan,  dan
                  efektivitas  kerangka  kerja  manajemen  risiko,  serta  bagaimana  proses  manajemen  risiko
                  diintegrasikan.
                                                                                                                  Hak cipta  Badan Standardisasi  Nasional,  Copy standar ini dibuat oleh BSN untuk Sistem Pembelajaran E-Learning SPK Badan Standardisasi Nasional
                  Saat kesenjangan atau peluang peningkatan yang relevan diidentifikasi, organisasi sebaiknya
                  mengembangkan rencana dan tugas pengembangan dan menugaskan kepada pihak yang
                  memiliki akuntabilitas terhadap implementasi. Setelah diimplementasikan, perbaikan tersebut
                  sebaiknya berkontribusi pada peningkatan manajemen risiko.


                  6    Proses

                  6.1    Umum

                  Proses  manajemen  risiko  melibatkan  penerapan  sistematis  dari  kebijakan,  prosedur,  dan
                  praktik  pada  aktivitas  komunikasi  dan  konsultasi,  penetapan  konteks,  serta  penilaian,
                  perlakuan,  pemantauan,  peninjauan,  pencatatan,  dan  pelaporan  risiko.  Proses  ini
                  digambarkan pada Gambar 4.























                  © BSN 2018                               9 dari 34
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13